Jumat, 16 Desember 2011

Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Volume Paru

Volume paru – paru yang terbesar dan tercatat didunia sampai saat ini adalah Peter Reed, dia mempunyai nilai total paru – paru sebesar 11,68 Liter (TLC = 1168 mL). Beberapa faktor dapat mempengaruhi besarnya volume paru-paru. Beberapa faktor tersebut dapat dikontrol dan beberapa pula tidak dapat dikontrol. Beberapa faktor tersebut adalah :
Volume Paru Besar
Voume Paru Kecil
Laki – laki
Perempuan
Badan Tinggi
Badan Rendah
Tidak Merokok
Perokok Berat
Atlet
Bukan Atlet
Seseorang yang tinggal di ketinggian
Seseorang yang tinggal di daerah 
yang lebih rendah

Seseorang yang hidup dan tinggal di tempat yang lebih rendah akan memiliki kapasitas paru– paru yang lebih kecil dibanding orang yang tinggal dan hidup ditempat yang lebih tinggi. Hal ini diakibatkan karena tekanan atmosphere yang tinggi di daerah yang tinggi mempengaruhi jumlah molekul udara, termasuk juga oksigen.
Pada akhirnya secara alamiah paru-paru orang yang tinggal di daerah yang tinggi akan lebih besar, hal tersebut berguna agar paru-paru dapat memproses jumlah oksigen yang sedikit. Ketika seseorang yang tinggal di daerah rendah melakukan perjalanan ke tempat yang lebih tinggi (Himalaya, Tibet, Mexico City, Gunung) mereka sering kali susah bernapas atau yang lebih dikenal dengan “Altitude Sickness”, ini disebabkan karena paru-paru mereka yang kecil tidak dapat memproses jumlah oksigen yang kecil yang dibutuhkan oleh tubuh mereka.


0 komentar:

Posting Komentar